Senin, 21 November 2011

MAHASISWA PENGUKIR PRESTASI


Oleh:Fresty Restu Pertiwi

 Mendengar kata mahasiswa apa yang terbayangkan oleh kita? sosok pembuat onar, tawuran, demo, perusak lalu lintas, atau…
Masih ingatkah, siaran berita di televisi satu tahun yang lalu yang memberitakan demo sejumlah mahasiswa di Makassar bersikap anarkis pada aksi demonstrasi memperingati tentang satu tahun pemerintahan SBY-Boediono. Para mahasiswa memalangkan sebuah mobil yang sebelumnya mereka sandera dari pengemudi, sehingga lalu lintas semakin lumpuh. Bahkan, mereka juga menghancurkan lampu merah yang terpampang di simpang jalan dekat kampus Universitas Hasanudin. Para mahasiswa terus berorasi menuntut Presiden SBY mundur dari jabatannya.
Memang ada sebagian orang yang mengatakan bahwa mahasiswa dikenal sebagai sosok yang negatif. Tapi, mereka yang melakukan tindakan negatif  adalah oknum-oknum tertentu yang ingin merusak citra mahasiswa sebagai agent of change untuk bangsa. Ternyata ada seabreg sisi positif yang dapat kita ukir. Salah satu faktanya adalah pada tahun 2011 ini sebanyak 16.565 mahasiswa PT se-Indonesia mengikuti olimpiade sains nasional, dalam hal ini Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 22,7% peserta OSN. Hal tersebut adalah tindakan yang positif untuk meraih prestasi sebagai mahasiswa yang dapat mengangkat martabat bangsa.
Sekarang, tulislah cita-citamu, mimpi-mimpimu yang akan diraih selama di bangku perkuliahan. Karena dengan cara ini sangat membantu dan memotivasi untuk menjadi insan yang berguna untuk diri sendiri, keluarga, agama dan bangsa. Kemudian, pajang di kamarmu yang nantinya akan kamu warnai dengan jejak-jejak yang nyata.
Tujuan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tentunya untuk mendapat kehidupan yang lebih layak, menjadi orang yang  berhasil dan menjadi orang yang sukses. kesuksesan seseorang rahasianya  hanya ada 1 kunci.
Dr. Ibrahim Al Fiqqi seorang motivator menulis dalam bukunya Menuju Tangga Kesuksesan diceritakan olehnya, seorang pemuda ketika mendatangi seorang penguasa tiongkok untuk belajar tentang rahasia kesuksesan.
Ia bertanya kepada penguasa tersebut:”Apakah anda berkenan untuk menceritakan rahasia kesuksesan kepada saya?
Penguasa Tiongkok itu menjawab dengan tenang:”Rahasianya adalah Motivasi.”
Pemuda itu lalu bertanya lagi: “Darimana datangnya motivasi itu?”
 penguasa menjawab: ”Dari keinginanmu yang membara.”
Dengan heran pemuda tadi menimpalinya: ”Bagaimana bisa kita memiliki keinginan yang membara?” kemudian penguasa tadi meminta ijin beberapa saat, lalu kembali dengan membawa bejana yang berisi air, dan bertanya pada pemuda tersebut:” Apakah kamu benar-benar ingin mengetahui sumber keinginan yang membara tersebut?” pemuda itu menjawab dengan penuh semangat:”Tentu”. Penguasa tadi memintanya untuk mendekati bejana yang berisi air, tiba-tiba penguasa tadi menekan kepala pemuda itu dengan kedua tangannya dan membenamkan kedalam bejana air. Selang beberapa saat pemuda itu bergerak, lalu memulai mengeluarkan kepalanya dari air dengan perlahan. Ketika Ia mulai kehabisan nafas, ia mulai berontak sehingga bisa melepaskan diri dan mengeluarkan kepalanya dari air. Lalu Ia menatap penguasa itu dengan penuh amarah:” Apa yang anda lakukan?” dengan tenang sembari senyum, penguasa tadi balik bertanya: ”Apa yang telah kamu pelajari dari kejadian tadi?” Pemuda itu menjawab:”Aku tidak mempelajari apa-apa!”. Penguasa tadi memandangnya dan berkata: ”Tidak, anakku, kamu telah mempelajari banyak hal. Selama detik-detik pertama kamu ingin mengeluarkan dirimu dari air, namun motivasimu belum cukup untuk melakukannya. Setelah itu kamu selalu ingin membebaskan dirimu sehingga kamu mulai bergerak dan berontak akan tetapi dengan perlahan. Itu karena motivasimu belum sampai pada puncaknya. Akhirnya, kamu memiliki keinginan kuat untuk membebaskan dirimu. Pada saat itu kamu telah berhasil. Sebab tidak ada kekuatan lain yang mampu menghentikanmu.”
Ketika kita mempunyai cita-cita yang akan kita gapai untuk meraih kesuksesan maka modalnya adalah motivasi yang sangat kuat, motivasi yang tidak dapat terkalahkan dari godaan-godaan yang dapat menjerumuskan kita kepada kesesatan. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama mengubah image masyarakat terhadap mahasiswa dengan prestasi-prestasi yang kita ukir, bahwa mahasiswa dapat menjadi agent of change yaitu mengubah peradaban menjadi lebih baik untuk bangsa Indonesia.

HIDUP MAHASISWA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar